Sail Sabang, Sabang Sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional

Sail Sabang, Sabang Sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional – Indonesia kaya akan beragam suku dan budaya, terdapat lebih dari 300 kelompok etnis atau suku bangsa di Indonesia, atau tepatnya 1340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010, Indonesia juga kaya akan pulau pulau istimewa, jumlah pulau di Indonesia menurut data Departemen Dalam Negeri Republik Indonesia tahun 2004 adalah sebanyak 17.504 buah, 7.870 sudah memiliki nama, sedangkan 9.634 belum memiliki nama, dengan sebanyak itu pula  semua terjalin dalam Bhineka Tunggal Ika, walaupun kita semua berbeda namun kita tetaplah satu, dari Sabang hingga Marauke, berapa banyak perbedaan yang ada didalamnya, namun bukan perbedaan yang selalu kita tonjolkan melainkan persamaan visi dan misi yang harus kita selesai kan bersama yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Coba bayangkan negara mana yang bisa mencontoh Indonesia, tidak ada sama sekali di dunia ini, bahkan di dunia satu satu nya negara yang memiliki perbedaan jam hingga tiga tempat, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA) dn Waktu Indonesia Timur (WIT).

Ada satu pulau yang sering kita lupakan dan kurang update dalam hal parawisata yang ada disana, yaitu pulau Sabang atau dikenal dengan nama istilah pulau weh Sabang, namun perlu diingat bahwa sabang memiliki sejarah terbaik di Indonesia saat sabang menjadi tempat transit para jamaah haji di Indonesia, pulau Sabang dikenal dengan kilometer 0 Indonesia yang letaknya paling ujung barat Indonesia, sedangkan yang paling timur wilayah Indonesia pasti anda mengenalnya Marauke papua. Nah yang paling menarik dari destinasi wajib bagi para pengunjung adalah tugu kilometer 0 Indonesia paling ujung barat, karena destinasi ini paling banyak dikunjungi wisatawan.

Destinasi pulau weh Sabang saat ini bukan hanya tugu 0 kilometer,  akan tetapi sudah menjelma menjadi destinasi wisata bahari yang menyajikan tempat istimewa bawah lautnya, makanya tak sedikit yang menyelam dan snorkeling disana, karena lautnya yang masih istimewa dan belum terkena limbah apapun. sehingga spesies ikan yang banyak tertampak di dasar laut dan terumbu karang yang cantik dan indah.

Sail Sabang, Sabang Sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional

Mengenal Sabang Lebih Jauh Lagi

Banyak yang tidak tahu bahwa sabang adalah nama kota dari pulau Weh Sabang, jadi Sabang adalah nama kota bukan nama pulau, nama pulaunya adalah pulau Weh Sabang, Weh itu adalah salah satu pulau yang berada di kawasan kotamadya Sabang Aceh, dan kotamadya Sabang sendiri berada di pulau Weh ini.

Dan Ternyata di kawasan kota Sabang sendiri terdapat pulau pulau kecil lainnya, diantaranya adalah pulau Rubiah, Pulau Klah, Pulau Seulako dan Pulau Rondo. Dari 45 Pulau, Sabang sendiri terbagi menjadi dua kecamatan dan terdapat 72 desa dengan jumlah penduduk 26.000 jiwa.

Yang membuat admin lebih bangga lagi adalah Sabang ternyata berbatasan dengan tiga negara lainnya yaitu Malaysia, Thailand dan India. Serta perairan Sabang menjadi tempat pertemuan Samudera Hindia dan Selat malaka.

Oleh karena itu, Pemerintah Aceh akan memperkenalkan Sabang Sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional dengan event Sail Sabang yang akan diadakan pada akhir November dan awal Desember 2017.

Nah bagaimana teman teman blogger sekalian, admin menyarankan jika ingin berlibur tempat yang asyik liburanlah ke Sabang, yang bawah lautnya begitu mempesona dengan ratusan spesies ikan serta terumbu karang yang cantik,. Apalagi Sabang akan mengadakan event di akhir tahun ini.

Sail Sabang, Sabang Sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional

Mengenai Sail Sabang

Sail Sabang adalah event wisata Internasional setiap tahun yang melibatkan empat kementria yaitu kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang di naungi langsung oleh kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman.

Tentu saja acara ini adalah untuk mempromosikan Sabang sebagai wisata bahari kelas dunia, serta mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Sabang sebagai kepulauan terdepan di Indonesia. Sail Indonesia ini pula adalah acara rutin yang sudah dilakukan dari tahun 2000, yang diperkenalkan langsung oleh Dr. Aji Sularso dari kementerian kelautan ketika itu dan dik=dukung oleh kementerian parawisata.

Sail Sabang, Sabang Sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional

Acara Sail juga dinamakan sesuai dengan nama tempat, untuk tahun ini Sail tuan rumah di Sabang, makanya dinamakan Sail Sabang, sedangkan tahun lalu di Selat Karimata maka dinamakan dengan Sail Selat Karimata,, dan begitu seterusnya.

Nah bagaimana teman teman blogger, tertarik ke Sabang??? wah kalau admin sendiri ditanya sangat pengen ke Sabang, luar biasa viewnya, dan semoga acara Sail Sabang 2017 ini berjalan lancar dan sukses. amin

Salam Sabang

Sail Sabang, Sabang Sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional

Comments are closed.